Cara agar Kita Tidak Dendam pada Mantan atau Orang Lain



Mungkin kamu pernah merasakan sakit hati kepada teman sendiri atau seseorang yang pernah mengecewakan perasaanmu, maka penting untuk tahu seperti apa cara agar kita tidak dendam pada mantan pacar misalnya, meskipun dia memang telah menyisakan luka dalam hati yang tidak akan mudah disembuhkan. Menghilangkan rasa jengkel kepada sahabat atau orang yang pernah menyakiti kita memang sulit, karena dalam hati sudah ada bekas luka yang tidak mudah dihilangkan, maka untuk memaafkan dia kembali adalah hal paling berat yang harus kita tempuh.

Ketika ada seseorang yang secara sengaja memberikan rasa sakit dalam hati maka itu sama halnya dengan menciptakan jarak dengan kita. Memang tidak tidak ingin bermusuhan dengan kita, namun apa yang telah dilakukan tersebut akan selalu membekas dalam hati dan sangat sulit dihilangkan. Ini wajar karena untuk menjadi pribadi yang pemaaf itu bukan hal mudah, dan menghapus begitu saja perlakuan tidak adil tersebut hanya akan menambah beban dalam hati kita.

cewek melamun

Belajar menjadi pribadi ikhlas mungkin adalah solusi apabila kita tidak ingin menjadi orang pendendam yang selalu menyimpan rasa kesal pada orang lain. Intinya, tetap menjaga kebersihan hati dengan menggantikan rasa jengkel menjadi senyum tulus dari dalam hati, untuk dapat memaafkan orang yang selama ini mungkin telah menyakiti perasaan kita.

Hal itu mungkin akan menyisakan rasa ingin menghilang dari dalam kehidupannya, karena selama kita bertemu dengan dirinya maka perasaan kesal tersebut dapat saja timbul kembali karena ingat akan perlakuan buruknya dimasa lalu. Hal ini yang kadang sulit dilakukan oleh seseorang, kaitannya dengan niat ingin memberikan pintu maaf kepada orang yang pernah bersalah padanya.

Sedikit tips untuk menjadi orang pemaaf dan tidak dendam:

  1. Mencoba membuka silaturahmi dengannya
  2. Melihat dari sudut pandang orang lain, bagaimana orang akan menilai kita
  3. Memperluas pergaulan, agar tidak melulu ingat akan keburukannya
  4. Belajar ikhlas dalam setiap sikap kita
  5. Menjadikan masalah dalam hidup sebagai pelajaran untuk maju


Menerapkan keputusan untuk menjadi orang ikhlas memang sangat sulit, karena hati ini akan selalu memberikan perlawanan ketika kita ingin bersikap tulus pada orang yang bersalah dengan kita. Dan itu wajar sebagai sikap alami kita yang ingin selalu membalas setiap perlakuan buruk dari orang yang berniat tidak baik dengan kita.

Yang menarik lainnya: Cara Menghindar dari Mantan Pacar

Akhirnya, memang diperlukan waktu yang tidak sebentar untuk belajar menjadi pribadi yang ikhlas. Namun dengan niat tinggi untuk mencapai apa yang telah menjadi tekad, maka bukan hal mustahil selama kita memiliki kemauan untuk mewujudkan setiap rasa ingin tahu tersebut menjadi nyata dalam hidup ini. Dengan adanya dukungan dari orang terdekat mungkin hal itu akan tercapai, dan bila kita tetap menjaga rasa akrab dengan orang yang kita benci, bisa jadi suatu saat dia malah menjadi sahabat dekat kita.




0 Response to "Cara agar Kita Tidak Dendam pada Mantan atau Orang Lain"

Post a Comment